Langsung ke konten utama

Dampak Positif dan Negatif Game Online




Maraknya game online sekarang ini, membuat para gamers menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar gadget. Seakan tidak mengenal usia, game online hampir menjadi candu bagi banyak remaja hingga orang dewasa.

Apa sih game online itu?
Game online adalah suatu jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet.


Lalu apa dampak positif dan negatif dari game online?

Beberapa Dampak Positif  :


1.      Lebih Berkonsentrasi


2.      Berkembangnya Kemampuan
Dilakukan penelitian di Amerika Serikat, New York bahwa anak yang sudah mengetahui strategi dalam game dapat meningkatkan daya kemampuan berkembang dalam Matematika, pemecahan masalah, dan kemampuan membaca terlebih lagi bila game yang bisa dimainkan berbahasa inggris.



3.      Mengalihkan Perhatian
Bagi anak yang mengalami perawatan seperti kemoterapi dapat mengalihkan rasa sakit dengan bermain game, tensi darahpun dapat menurun.


4. Sebagai Hiburan di Kala Suntuk

Beberapa Dampak Negatif:


1.      Berkurangnya Sosialisai
Game online dapat membuat seseorang menurunkan minat untuk bermain keluar rumah bersama teman-temannya. Menikmati kesendirian di depan layar monitor mungkin terasa lebih seru dan menyenangkan bagi para gamers dibandingkan harus menghabiskan tenaga dan waktu untuk keluar bersama teman-temannya. Hal ini dapat membuat seseorang jarang melakukan sosialisasi dengan orang-orang terdekatnya.

2.      Sulit Berkonsentrasi
Kecanduan game online dapat membuat seseorang sulit berkonsentrasi pada saat pelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan pikirannya selalu ingin cepat bermain game.


3.      Sulit Berekspresi dan Berinteraksi
Dengan terbiasa berinteraksi satu arah yaitu depan monitor saja, membuat anak sulit berinteraksi dan akan menemukan waktu sulit untuk mengekspresikan diri.



4.      Lupa Segala Hal

Game online bisa membuat kita lupa akan segala hal. Lupa akan minum, makan, dan mandi, lupa akan orang-orang sekitar termasuk keluarga, pacar, maupun teman. Lupa juga akan waktu untuk beribadah karena seringnya ditunda-tunda karena merasa tanggung jika tidak di selesaikan. Bahkan mengabaikan tugas pekerjaan.


5.      Berdampak Buruk bagi Kesehatan
Kecanduan game online dapat merusak kesehatan mata akibat menatap layar komputer atau handphone terlalu lama dan intensitas waktu yang terlalu sering. Kurangnya aktifitas olahraga dapat juga membuat tubuh terkena obesitas karena ketidak lancaran proses metabolisme tubuh. Bahkan dapat menyebabkan kematian.

Lalu bagaimana sih cara mengobati kecanduan game online?
1. Miliki niat dan tekat yang kuat untuk berubah
2. Perkuat hubungan anda dengan Tuhan
3. Pikirkan selalu dampak buruknya
4. Berhentilah bermain game online





Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal UTS Metode Pengukuran Intelegensi (MPI) 3PA01 Psikologi Gunadarma

Tradisi Khitanan/Sunatan Masyarakat Sunda

Tradisi Khitanan / Sunatan Masyarakat Sunda   Suku Sunda merupakan etnis kedua terbesar di Indonesia. Mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Tradisi dan budaya Islam masih terus dilakukan sampai sekarang dan sebagian diantaranya ada yang bercampur dengan tradisi asli orang Sunda. Salah satu tradisi yang merupakan percampuran antara budaya Islam dan Sunda adalah tradisi khitanan atau sunatan. Dalam agama Islam hukum khitan bagi laki-laki adalah wajib karena memiliki makna pensucian diri dan kepatuhan kepada ajaran agama. Hukum khitan atau sunat dalam masyarakat Sunda telah bercampur dengan budaya lokal yang kemudian melahirkan tradisi khitanan atau sunatan. Masyarakat Sunda melakukan khitan atau sunat pada anak laki-laki ketika masih berusia dini, yaitu 5 sampai 12 tahun. Dulu untuk melakukan khitan, orang Sunda menggunakan jasa seorang mantri atau dalam bahasa Sunda dipanggil bengkong.  Di Desa saya sebelum melakukan Khitanan, biasanya anak dan sekeluarganya

Soal Psikologi Abnormal Fakultas Psikologi Gunadarma