Langsung ke konten utama

8 Planet & Ciri-cirinya

       jumlah planet dalam tata surya kita sejak tahun 2006 adalah ada 8 buah planet. berdasarkan urutannya dari Matahari benda-benda langit tersebut adalah:

1. Merkurius
2. Venus
3. Bumi
4. Mars
5. Jupiter
6. Saturnus
7. Uranus
8. Neptunus


1.    Merkurius

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari (antara 47 juta sampai 69 juta km). Rata-rata 57,9 juta km. banyak terdapat lembah dan kawah.waktu yang diperlukan untuk mengelilingi Matahari sekitar 88 hari.  Planet kedua yang terkecil, planet ini juga adalah planet yang paling terang setelah matahari.  Merkurius tidak mempunyai satelit. Untuk melihat planet ini harus menggunakan alat bantuan seperti teleskop Karena ukuran planet ini sangat kecl dan sangat susah untuk diamati oleh mata telanjang. Planet Merkurius dikenal dengan sebutan planet putih.


2.    Venus

Venus adalah planet yang terletak antara merkurius dan bumi.merupakan planet putih yang bercahaya terang, indah cemerlang. Permukaan berbukit-bukit. Sama hal nya dengan merkurius yaitu sama-sama tidak mempunyai satelit. Venus sering disebut dengan bintang kejora, bintang barat, bintang timur, bintang senja, dan bintang fajar. Planet Venus sangat mudah diamati dengan mata telanjang karena planet ini bisa kita lihat dari arah barat di malam hari dan dari arah timur ketika pagi hari dengan memancarkan cahaya yang begitu sangat terang. Planet Venus memiliki suhu yang sangat panas dibandingkan planet merkurius yang meskipun jaraknya lebih dekat dengan matahari. Diameter nya 12-100 km. jarak rata-rata antara Venus dan Matahari adalah 108,2 juta km.  Satu tahun di Venus sama dengan 225 hari di Bumi. 


3.    Bumi

Bumi merupakan salah satu planet yang bisa dihuni oleh mahluk hidup. Dan satu-satu nya planet yang memiliki kehidupan. Diameternya kurang lebih 12,756 m. Kurang lebih dua pertiga dari permukaannya ditutupi oleh air. Mempunyai satu satelit bernama Bulan. Jika dilihat dari angkasa luar tampak berwarna hijau atau biru. Bentuk bumi bulat pepat pada kedua kutubnya. Waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi Matahari (kala revolusi) adalah 365,25 hari. waktu yang diperlukan untuk sekali berputar pada porosnya (kala rotasi) adalah 24 jam.


4.    Mars

Planet mars biasanya bisa kita lihat pada malam hari berwarna kemerahan. Planet ini merupakan lambang dari dewa perang. Planet Mars mempunyai 2 satelit yang bernama Phobos dan Deimos. Konon planet ini menurut para ahli disebut-sebut bisa dijadikan tempat tinggal masa depan. Namun ada juga yang beranggapan bahwa planet ini tidak layak huni karena kandungan karbondioksida nya sangat tinggi. Jadi menghirup udara di mars sama halnya dengan menghirup asap rokok.di planet mars sering terjadi badai yang sangat mengerikan. Satu hari di planet Mars adalah 24 jam 37 menit. Hampir sama dengan Bumi karena memiliki kemiringan rotasi yang sama. Pada musim dingin di Mars, hamper 10% udaranya membeku.


5.    Jupiter

Jupiter merupakan planet yang sangat besar dalam tata surya kita. Sehingga planet ini  bisa kita amati dengan mata telanjang di langit malam yang cerah. Jupiter memiliki 67 Bulan yang diantaranya bernama Lo, Europa, Ganymeda, Callisto. Jupiter merupakan planet yang mempunyai gravitasi yang sangat tinggi. Planet ini hanya terdiri dari gas-gas. Jadi kalau kita menginjakan kaki di planet ini otomatis kita akan tenggelam. Planet Jupiter dari Matahari berjarak 778,9 juta km. Setahun di Jupiter selama 11,86 tahun waktu Bumi. Sehari Jupiter hanya 10 jam waktu bumi. 3 cincin Jupiter yaitu Utama, Halo, dan Gossamer. Bintik merah raksasa yang ada di Jupiter merupakan badai raksasa seukuran tiga kali planet Bumi.


6.    Saturnus

Saturnus merupakan planet terbesar kedua dalam system tata surya.Saturnus merupakan planet yang memiliki cincin yang sangat Nampak.hal ini membuat planet saturnus menjadi planet yang sangat begitu indah untuk dipandang. Sebenarnya cincin satunus terdiri dari kumpulan debu dan gas.saturnus memiliki 18 satelit dan satelit saturnus terbesar yaitu bernama Titan. Saturnus memiliki diameter 120,536 km pada khatulistiwanya, Sembilan kali lebih lebar dari Bumi. Saturnus mengorbit Matahari setiap 29,5 tahun Bumi, dengan jarak sekitar 1,426 km.


7.    Uranus

Uranus merupakan planet yang berwarna hijau kebiru-biruan. Uranus termasuk planet raksasa gas dan Es bersama Neptunus.Uranus memiliki 15 satelit dan nama diantara satelit itu bernama Miranda, Ariel, Umbiel, Titania, dan Oberon. Uranus memiliki atmosfer terdingin dan kepadatan terendah setelah Saturnus. Planet ini juga memiliki angina yang bisa mencapai kecepatan 900km/jam.Voyager 2 satu-satunya wahana luar angkasa yang mengunjungi Uranus. Waktu edar Uranus 84 tahun dan waktu untuk berotasi 10 jam 49 menit.


8.    Neptunus

Neptunus hanya dapat dilihat dengan teleskop. Mempunyai 2 satelit, yaitu Triton dan Nereid. Planet ini dinamai dari dewa lautan Romawi. Neptunus merupakan planet terbesar keempat berdasarkan diameter (49,530 km) da terbesar ketiga berdasarkan massa. Massa Naptunus tercatat  17 kali lebih besar daripada Bumi, dan sedikit lebih besar daripada Uranus. Neptunus mengorbit Matahari pada jarak 30,1 SA atau sekitar 4,450 juta km. Periode rotasi planet ini adalah 16,1 jam, sedangkan periode revolusinya adalah 164,8 tahun.









Sumber: Tim Redaksi Baru Press. 2015.Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap. Yogyakarta:Pustaka Baru Press


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal UTS Metode Pengukuran Intelegensi (MPI) 3PA01 Psikologi Gunadarma

Tradisi Khitanan/Sunatan Masyarakat Sunda

Tradisi Khitanan / Sunatan Masyarakat Sunda   Suku Sunda merupakan etnis kedua terbesar di Indonesia. Mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Tradisi dan budaya Islam masih terus dilakukan sampai sekarang dan sebagian diantaranya ada yang bercampur dengan tradisi asli orang Sunda. Salah satu tradisi yang merupakan percampuran antara budaya Islam dan Sunda adalah tradisi khitanan atau sunatan. Dalam agama Islam hukum khitan bagi laki-laki adalah wajib karena memiliki makna pensucian diri dan kepatuhan kepada ajaran agama. Hukum khitan atau sunat dalam masyarakat Sunda telah bercampur dengan budaya lokal yang kemudian melahirkan tradisi khitanan atau sunatan. Masyarakat Sunda melakukan khitan atau sunat pada anak laki-laki ketika masih berusia dini, yaitu 5 sampai 12 tahun. Dulu untuk melakukan khitan, orang Sunda menggunakan jasa seorang mantri atau dalam bahasa Sunda dipanggil bengkong.  Di Desa saya sebelum melakukan Khitanan, biasanya anak dan sekeluarganya

Soal Psikologi Abnormal Fakultas Psikologi Gunadarma